Butuh bantuan? Chat Kami Sekarang

Hubungi kami via WA 082283381117

cara mencuci jersey

Bagaimana cara mencuci jersey dengan benar agar awet?

Mencuci jersey memang kelihatan mudah, Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat pakain dengan benar sehingga mengakibatkan pakaian menjadi cepat rusak.

Kebanyakan jersey olahraga terbuat dari polyester atau kain sintetis lainnya, yang mudah untuk membersihkan ataupun mengeringkannya. Namun, ada beberapa bagian yang perlu perawatan ekstra saat mencuci untuk menghindari kerusakan pada kain.

Dalam postingan ini, kami akan memberitahu Anda langkah-langkah untuk merawat jersey tim olahraga Anda dengan benar.

Tips mencuci jersey dengan benar

1. Mencuci jersey pada bagian noda membandel terlebih dahulu

Membersihkan dengan cara biasa seringkali tidak cukup untuk menghilangkan noda yang disebabkan oleh rumput, kotoran, keringat, tetesan saus tomat, dan tumpahan soda. Sebagian besar noda dapat diatasi dengan campuran 1 cuka putih dan 2 bagian air (takaran 1 banding 2).

Celupkan hanya pada area bernoda langsung ke dalam campuran atau gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menyikatnya pada noda. Biarkan area yang terkena noda terendam selama satu atau dua jam, lalu cuci jersey Membersihkan dengan cara biasa seringkali tidak cukup untuk menghilangkan noda yang disebabkan oleh rumput, kotoran, keringat, tetesan saus tomat, dan tumpahan soda sesuai label.

mencuci jerey

Baca juga: Arti simbol label pada pakain jersey

2. Hindari mencuci jersey besama dengan pakaian lain

Apakah Anda tipe orang yang sembarangan melempar pakaian Anda ke mesin cuci? Untuk jersey, Anda tidak boleh mencucinya dengan pakaian lain atau cucilah bersama dengan jersey lain.

Pewarna pada pakaian (terutama celana jeans) dapat luntur dan menyebabkan corengan warna pada jersey Anda. Anda juga harus mencuci kaus putih dan kaus hitam terpisah dari warna kaus lainnya. Jika Anda menggunakan mesin cuci dan hanya memiliki satu jersey untuk dicuci, tambahkan handuk berwarna serupa untuk membantu menurunkan beban.

3. Balik bagian luar jersey ke bagian dalam

Sebelum mencuci pakaian olahraga, balik posisi luar menjadi bagian dalam. Ini mencegah kontak langsung dengan deterjen yang dapat menyebabkan pudar. Selain itu, ini juga melindungi jahitan dan emblem sekaligus memastikan huruf dengan bahan polyflex yang tidak akan saling menempel.

Untuk jersey yang memiliki kancing, membuka kancing jersey akan mengurangi kemungkinan terjadinya kerutan. Cara mencuci jersey ini juga akan mengurangi kemungkinan pakaian tersangkut dan bergesekan dengan peralatan atau barang lain selama proses pembersihan.

4. Gunakan detergen & Putaran rendah

Hindari deterjen yang mengandung banyak pemutih atau bahan kimia tambahan lainnya. Deterjen yang aman untuk warna atau netral adalah yang terbaik, karena mengandung sedikit atau tidak ada pemutih.

Pembersih ini akan membantu agar tidak pudar. Hindari pelembut kain dan dry-cleaning karena bahan kimia yang dikandungnya. Gunakan pengaturan “halus” atau “lembut” pada mesin cuci Anda agar tidak kasar.

Jika Anda mencuci jersey olahraga yang baru dipakai, gunakan deterjen bubuk dan cuci segera setelah latihan atau pertandingan sebelum kotoran dan keringat meresap.

Menambahkan secangkir cuka putih akan menetralkan sebagian besar bau. Hanya saja, jangan tambahkan lebih dari itu, atau kaus Anda bisa menimbulkan bau cuka.

5. Jaga air tetap hangat – tapi Tidak terlalu hangat

Meskipun air dingin adalah pilihan ter-aman untuk mencegah warna pudar atau menyusut saat mencuci jersey, air hangat membuat deterjen bekerja lebih efektif. Namun, suhu air di atas 100 derajat dapat menyebabkan warna memudar dan kerusakan lain pada jersey Anda.

Untuk sebagian besar rumah tangga, pengaturan “hangat” pada mesin cuci Anda seharusnya baik-baik saja. Namun, jika Anda tahu air di rumah Anda lebih hangat dari rata-rata, gunakan pengaturan “dingin”. Anda dapat menggunakan termometer di wastafel untuk menguji air terlebih dahulu atau mencampurkan air panas dan dingin untuk merendamnya juga.

6. Gunakan Putaran pendek & pembilasan ganda

Anda tidak memerlukan putaran pencucian yang lama pada jersey – faktanya, putaran pencucian yang lama dapat merusak bahan halus. Siklus 12 hingga 20 menit sudah cukup. Jika masih ada noda membandel, jeda mesin cuci setelah satu menit dan biarkan jersey terendam selama satu atau dua menit untuk membantu menghilangkan noda tersebut.

Jika noda tetap ada setelah putaran, bersihkan lagi noda seperti yang dijelaskan di atas dan cuci kembali. Setelah noda hilang, jalankan putaran bilas tiga kali untuk menghilangkan sisa kotoran.

7. Setelah mencuci jersey dengan benar – Selalu gantung untuk mengeringkannya!

Anda tidak boleh memasukkan jersey olahraga Anda ke dalam pengering. Bahkan pengaturan panas rendah dapat menyebabkan penyusutan – dan jika masih ada noda yang tersisa, pengering akan membuatnya noda menjadi permanen. Gantung jersey Anda di rak pakaian atau gantungkan di bagian belakang kursi untuk mengeringkannya.

Siap menghadapi harimu!

Baik Anda seorang atlet yang bersiap-siap untuk hari pertandingan atau ingin menunjukkan jersey kebanggaan Anda, Tips mencuci jersey olahraga dari TNT Sport ini dapat membantu Anda tampil yang terbaik. Kiat-kiat ini dapat digunakan pada sebagian besar seragam seperti jersey futsal, sepak bola, bola basket, bola volley, bisbol, dan dapat disimpan di lemari pakaian mana pun.

Pertahankan jersey kesayangan Anda agar selelalu terlihat tajam atau perbarui kembali pakaian lama yang ternoda selama bertahun-tahun agar menjadi telihat lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Desain Jersey

Tim kami siap membantu membuatkan desain. GRATIS!

100% Garansi Uang Kembali

Garasi uang kembali jika barang tidak sampai tujuan.

100% Garansi Penukaran

Produk bisa ditukar kembali jika tidak sesuai pesanan.

Gratis Konsultasi

Apa pun pertanyaannya, Apapun masalahnya, Kami siap membantu.